Monday, August 10

shipping dari luar negeri gimana sih?

terkadang mupeng ya ngeliat barang-barang di eBay yang eksklusif dan (kadang kalo pinter bidding-nya bisa dapet harga yang murah banget lho untuk kategori barang branded!) kadang kesulitan bahasa, tidak mengertinya sistem pengiriman (shipping) yang berlaku, sampai masalah Bea-Cukai pun jadi hambatan.

mungkin ini semua bisa ngebantu kamu :


1. Biaya Pengiriman


Biaya pengiriman bisa mencapai harga yang tinggi untuk tujuan internasional dan dapat beragam berdasarkan faktor-faktor dibawah ini:

* Berat dan dimensi dari kemasan tersebut
* Metode pengiriman
* Lokasi awal pengiriman (kota, negara)
* Lokasi yang dituju (negara tujuan)

Oleh karena itu, biaya dapat beragam tergantung atas apa, kemana, dan bagaimana anda mengirimkan produk tersebut. Untuk pengiriman ke luar negeri biaya pengiriman bisa mencapai batas yang tinggi.

Pada umumnya, pembeli membayar biaya tambahan yang mungkin akan dikenakan pada sebuah produk seperti bea cukai, pajak dan biaya impor. Contohnya, tarif internasional sudah termasuk atau belum termasuk pengambilan barang, jasa antar, dan pembebasan bea masuk/ biaya impor. Kiriman anda akan sampai pada tempat tujuan akhir, contohnya langsung dikirimkan ke rumah pembeli, namun pembeli harus membayar lebih untuk tarif internasional.

Beberapa agen pengiriman barang biasanya akan menawarkan jasa pengurusan bea cukai dan perantaraan barang untuk membantu anda mempelajari biaya tambahan, pajak dan cukai yang akan dikenakan kepada pembeli. “Biaya tambahan untuk area yang lebih luas” mungkin akan dikenakan kepada pembeli anda tergantung dari lokasi negara mereka.



2. Waktu Transit dan Servis


Waktu transit untuk pengiriman internasional beragam tergantung dari lokasi pengiriman barang dan negara tujuan. Oleh karena itu, hal tersebut tergantung dari lokasi dimana anda tinggal dan kemana barang tersebut akan dikirimkan. Pengiriman barang ke luar negeri biasanya membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama daripada pengiriman domestik atau antar kota dan daerah. Proses pembebasan cukai dapat mempengaruhi keterlambatan pengiriman barang anda, apabila barang yang anda kirimkan tertahan oleh kantor bea dan cukai. Pastikan anda telah mengisi dan melengkapi dokumen-dokumen pengiriman secara teliti untuk menghindari penundaan kiriman yang sampai ke pembeli anda.



3. Asuransi


Anda dianjurkan untuk mengasuransikan kiriman internasional anda apabila agen pengiriman barang anda tidak mensertakan asuransi terhadap barang kiriman secara otomatis. Beberapa agen pengiriman barang secara otomatis telah mengasuransikan kiriman anda dari resiko kehilangan ataupun kerusakan hingga $100 (angka ini tergantung dari kebijakan agen pengiriman barang anda) dari nilai jual produk anda. Apabila produk anda memiliki nilai jual lebih dari $100, anda sebaiknya mempertimbangkan untuk menambah asuransi terpisah untuk melindungi produk anda.

Catatan: Sangatlah penting bagi anda untuk memastikan bahwa produk anda telah terkemas secara sempurna. Jika produk kiriman anda sampai ke tempat tujuan dan mengalami kerusakan akibat pengemasan yang tidak sempurna, agen pengiriman barang anda mungkin tidak dapat membayar klaim asuransi dari produk tersebut. Anda diharuskan untuk meneliti apakah asuransi termasuk kedalam paket pengiriman barang atau tidak dari agen pengiriman barang yang akan anda pilih, dalam kasus lain barang-barang seperti (Komputer Desktop, Sepeda, Pakaian, Barang Elektronik, dsb.) kemungkinan tidak termasuk kedalam barang yang dilindungi oleh asuransi tersebut.




4. Kompleksitas Pengiriman Barang Internasional


Semua jenis pengiriman yang dikirimkan untuk tujuan ekspor maupun impor diwajibkan untuk diperiksa oleh bea cukai setempat sebelum masuk ke negara yang dituju. Dokumen-dokumen yang relevan sangatlah dibutuhkan untuk dapat dinyatakan lolos dari pemeriksaan ini. Bea Cukai adalah institusi pemerintah yang bertanggung jawab penuh atas masuknya suatu pengiriman barang kedalam suatu negara. Semua jenis pengiriman yang dikirimkan dari dan menuju negara tersebut diharuskan melalui pemeriksaan bea dan cukai terlebih dahulu.
Sebagai penjual di eBay (seperti contoh), anda diharuskan untuk menyertakan dokumen-dokumen yang relevan sesuai dengan produk yang akan anda kirimkan, apabila tidak produk yang anda kirimkan akan tertahan di kantor bea dan cukai. Agen pengiriman barang anda dapat membantu anda untuk mengatur pengurusan bea dan cukai sebelum anda melakukan pengiriman.

Catatan: Biaya tambahan mungkin akan dikenakan kepada penjual apabila barang kiriman dikembalikan karena tidak memiliki dokumen-dokumen yang memadai. Juga, barang kiriman anda bisa mendapat kemungkinan untuk ditahan apabila agen pengiriman barang anda tidak mengatur pengurusan bea dan cukai sebelum barang tersebut dikirimkan. (Sebagian besar agen pengiriman barang menyediakan jasa kepengurusan bea cukai ini secara otomatis).




informasi selanjutnya menyusuuul :D
|
|
gwn

No comments:

Post a Comment