Sunday, July 19

My First Online Experience

Pas aku masih SD sekitar umur 8tahun, waktu itu aku masih tinggal di Jakarta dan sekolah di Labschool Jakarta, bokapku lah yang berperan penting dalam pengenalan awal pertama kali tentang internet padaku. Waktu itu sekitar tahun 1999-2000, rasa-rasanya online masih menjadi hal yang abu-abu bagi masyarakat, dan belum banyak warnet yang menyediakan jasanya. Di majalah Bobo (bacaanku jaman itu) memuat soal Sherina. Tentang Bosscha tempat Sherina mengambil setting filmnya kala itu, dan yang lainnya. 1 hal yang aku bingung (maklum anak SD) kok dibawah judulnya ada tulisan begini : website—www.blablabla.com (maaf aku lupa URLnya jadi aku ganti cuma pake blablabla.)

Namanya anak SD pasti rasa ingin tahunya besar (bukan karena tulisan website di Bobo aku jadi pengen makan tahu, bukan!) maka bertanya-tanyalah aku sama bokap. Akhirnya bokap ngejelasin secara singkat gini :

Aku : “pah, website itu apa sih?” (sambil nunjuk-nunjuk salah satu artikel Sherina di Bobo)

Bokap : “website itu bukanya pake komputer, pake internet.”

Aku : “internet itu apa?”

Bokap : “pokoknya internet itu adanya di komputer warnet.” (saking bingungnya ngejelasin ya, pa?)

Aku : “warnet itu apa? Kok cuma komputernya dia yang bisa buka website?”

Bokap : “yasudah malam ini kita ke warnet aja, jangan lupa bawa majalah Bobonya, biar tau apa yang mau dibuka.” (gini kali ya susahnya punya anak yang nanya-nanya melulu kerjanya)

Akhirnya, malam hari aku, bokap, dan nyokap berkelana dengan katana butut warna hijau lumut (halah). Kita berhenti disalah satu Kantor Pos PuloGadung deket rumah yang udah tutup malam harinya, tapi didepannya ada toko kecil tulisannya WARNET buka 24JAM. Ooh itu toh warnet. Tapi nyokap gak ikut turun. Bermodal Bobo dan bokap, dengan mantap aku harus tau apakah itu website. Aku dan bokap memilih bilik komputer yang dekat dengan pintu masuk. Aku menatap kesekeliling ruangan, hanya ada tidak sampai lima komputer ada disitu, dan lampu warnet rasanya temaram. Warnet hanya dijaga seorang mas-mas yang umurnya mungkin masih 25tahunan. Bokap yang duduk sibuk utak-atik komputer (mungkin Pentium 2 atau 3) dihadapannya. Sempet juga bokap nanya-nanya sama si penjaga warnet. Mungkin agak bingung atau lupa gimana caranya buka internet. Kala itu kan internet masih sangat jarang dan belum tren. Apalagi ditambah sudah jadi bokap-bokap, bokap mah bukan orang yang suka ngeluyur. Dan jaringan internet tahun segitu belum banyak informasi yang bisa dibuka dan dicaritahu. Jadi sepertinya, inti dari ucapan dan penjelasanku : “INTERNET MASIH TABU”

Bokap : “apa nama website Sherina-nya?” (mungkin akhirnya bokap berhasil juga buka Internet Explorer)

Aku : “Eh, oh. Bentar…” (sama sekali ga cukup persiapan. Rasanya kaget, panik, dan grogi)

Bokap : “ayo cepet, ga bisa lama-lama nih. Nanti mati lagi komputernya.” (sekarang aku baru mikir : emangnya ngaruh ya?)

Aku : “iya ni, w-w-w, titik, blablabla… eh salah”

Bokap : “kok salah? Gak boleh salah lho, nanti ulang lagi dari awal.” (duuuuh apalagi sih hubungannya.)

Aku : “iya nih w-w-w……”

Akhirnya website yang ditunggu-tunggu muncul seiring dengan kucuran air mata dan keringat yang menetes……. Apaan sih,

Pokoknya waktu itu baru aku mau buka-buka isi website, bokap langsung buru-buru ngajakin pulang. Alasannya warnetnya mau tutup, udah malem. (padahal bukannya warnetnya buka 24jam ya?) besok-besoknya aku makin keranjingan pengen ke warnet. Bokap cuma iya-iya dan rasanya sampe sekarang juga cuma iya-iya. (penjelasan : ga dikabulin sama sekali)

Waktu itu kelas 1 SMP aku udah pindah ke Balikpapan. Chatting pake MiRC emang lagi hangat-hangatnya. Sampe akhirnya anak baru pindahan dari Jakarta mengenalkan aku pada Friendster (fs).

Aku : “sign up apaan sih? Friendster?” (sambil melototin layar komputernya dia)

Temenku : “iya. Lagi ngetren lho, kamu daftar aja juga. Nanti aku bantuin.”

Karena alas an “LAGI NGETREN” aku ikut-ikut aja.

Tapi FYI, aku aktif menggunakan Friendster setahun kemudian (kelas 2 SMP). Jadi itu dulu Friendster biar ga dibuka setaun juga masih aktif lho. Aku juga bingung, ternyata Friendster masa berlakunya lebih lama ketimbang e-mail. Disebelah sekolahku ada warnet namanya Pasirnet. Aku jadi sering nongkrong, ngeluyur sampe malem (masih pake seragam) di Pasirnet, sempet kenalan dengan anak-anak Pasirnet yang sering nongkrong disitu, sampe pernah jadian juga. Hahahaha. Bisa dibilang waktu itu rasanya aku eksis banget. (ceileeehh)

Pasirnet juga yang membuat aku bisa punya nama gwenella hingga sekarang. Ceritanya gini, waktu itu aku ditawarin buat bikin member gratisan sama empunya Pasirnet (saking udah kenalnya, hahahha.) akhirnya aku ngeliat kok anak-anak member game pada bikin member dengan awalan “G_blablabla”. Akhirnya terpikir, kenapa gak gen_ella? Generation of ella? Ok, akhirnya memberku namanya gEn_eLLa. Cowokku yang dulu anak Pasirnet sempet mesem-mesem sendiri. Dia kira awalan GEN di memberku dari namanya GENDON-nya dia. Hahahah. Gak lagi. Tapi banyak yang suka nyambung-nyambungin dan dia udah keburu GR. Ya udahlah terserah.

Karena itu temen-temenku pada plesetin namaku jadi “gwen, gwen..” jadilah sampe sekarang namaku “GWENELLA”.

Pokoknya peran penting bokap, warnet kantor pos di Jakarta, dan apalagi kalo bukan mas-mas penjaga warnet turut berperan penting waktu itu. Juga majalah Bobo, kalo bukan karena dia, mungkin apakah website, ampe sekarang aku gak tau itu apa (berlebihan)

Dengan adanya lomba blog dari detik.com, aku jadi semangat buat sharing My First Online Experience (yang lebih kurangnya aku ucapin terimakasihh)



KeepSharing!

|

|

gwn

No comments:

Post a Comment